RSS

LEGENDA MRANGGEN

LEGENDA MRANGGEN
Asal-usul Mranggen
Pada zaman dahulu ada seorang raja yang bernama Hyang Nata,raja tersebut bertempat tinggal di kerajaan Pajajaran,Jawa Barat. Raja Hyang Nata suka sekali berburu di hutan.Pada suatu hari Raja tersebut berburu dengan ditemani para pengawalnya,namun sampai sore hari dia tidak mendapatkan binatang buruan,kemudian sang raja beristirat dan mencari semak-semak untuk buang air kecil lalu tanpa sengaja air seni itu tertampung pada sebuah tempurung kelapa.
Setelah beberapa lama tiba-tiba datang seekor babi yang kehausan, babi tersebut meminum air seni itu yang tertampung di kelapa. Tiba-tiba perut babi itu membuncit, Dia mengandung setelah beberapa bulan mengandung,babi itu kemudian melahirkan seorang bayi perempuan. Bayi itu diletakan di atas rerumputan.
Pada suatu hari raja Hyang Nata kembali ke tempat yang sama untuk berburu,di tengah hutan sang raja mendengar suara bayi menagis.Raja dan para pengawalnya mencari darimana asal suara tersebut.dan mereka pun menemukan bayi tersebut direrumputan.Bayi itu dibawa ke kerajaan dan diberi nama Nyai Senthor.
Sekian lama Nyai Senthor pun tumbuh dewasa,suatu saat ketika ia menenun di halaman keputren tiba-tiba bagian alat tenunnya terjatuh ke dalam sungai yang mengalir sangat deras,Nyai Senthor pun tidak dapat mengambil tenunnya itu,dan ia membuat sayembara bagi siapa saja yang menemukannya apabila laki-laki akan dijadikan suami,dan apabila perempuan akan dijadikan saudara.
Setelah Nyai Senthor berucap,tiba-tiba ada seekor anjing berlari masuk ke sungai mengambilkan teropong Nyai Senthor.dan ia pun kaget ketika yang mengambil adalah seekor anjing jantan,namun Nyai Senthor sudah terlanjur mengucap janji itu akhirnya pun anjing itu dijadikan suaminya. Namun, pada malam hari anjing itu berubah wujud menjadi manusia.
Semua yang dialami oleh Nyai Senthor diceritakan kepada Raja Hyang Nata,namun raja tidak percaya,dan mereka berdua diusir dari lingkunagn keraton. Kemudian, mereka berdua berjalan kearah Timur dengan dibekali emas dan uang oleh Raja Hyang Nata.
Kemudaian mereka menemukan sebuah pohon besar yang diberi nama Kalang Mranggi. Beberapa bulan Nyai Senthor melahirkan seoanak laki-laki yang di beri nama Rayung Kusuma.dan ia pun tubuh menjadi dewasa.
Pada suatu malam Rayung Kusuma bermimpi,bahwa kedua orang tuanya akan pergi meninggalkan dirinya.Rayungkusuma terbangun,dia terjaga memandang keadaan disekitarnya.kedua orang tua Rayungkusuma sudah tidak ada,hanya meninggalkan tulisan yang isinya berupa pesan untuk Rayungkusuma apabila orang tuanya telah moksa(lebur jiwa dan raganya).orang tuanya juga berpesan agar Rayungkusuma menjaga pohon kalang Mranggi,kelak setelah zaman berganti tempat itu akan diberi nama Mranggen.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

23 komentar:

Ratna Tanjung mengatakan...

pak hadi, bagus ceritanya pak, imajinatif, lucu, dongeng banget.
salam

-alumni SMA 2 Mranggen-
2010

Bangkit Pandawa (5) mengatakan...

Ceritanya ini marji'nya darimana

Bangkit Pandawa (5) mengatakan...

Mf ya.., kok ceritanya gk masuk akal banget, saya pernah dengar cerita bersumber dari mbah munif kalau mbah sentor itu Pejuang yang Gugur karena tidak mau ikut intruksi mundur ketika belanda menyerang Mranggen dan dia itu seprang Laki-laki Kesatria, menurut Cerita embah saya Beliau adalah yang Membuat sumur sebelah barat pasar Mranggen yang ahirnya dipakai oleh mbah H abdul karim(pengusaha tahu pertamakali di mranggen) untuk pabrik tahu karena sumber airnya yang sangat bagus dan tidak pernah habis.. beliau punya istri bernama Mbah Saemah yang membuat sumur pertama kali di desa waru dan beliau dimakamkan di pemakaman sebelah barat masjid Waru..ada cerita unik tentang Makam mbah Saemah (waru) ketika mbah Hj. Sutiah (cucu H. Abdul karim) membangun makam mbah saemah hingga pemasangan kramik tinggal 3 biji tetapi pasirnya habis sedanfkan waktu sudah sore, secara kebetulan ada rumah sekitar makam yang punya segunduk pasir karena juga sedang membangun, maka Hj sutiah bermaksud membeli secukupnya pasir untuk pasang tiga kramik dari pemilik pasir tersebut tapi pemilik pasir tidak berkenan dan akhirnya meminjamkan tiga ember pasir dengan nada tidak ihlas dengan janji Hj sutiah akan mengembalikannya besuk kalo toko matreal sudah bukak. Tapi pada subuh malam itu ketika orang yang meminjamkan pasir bangun tidur tiba2 didepan pintu kamar sudah ada gundukan pasir penganti padahal pintu bagian depan rumah tersebut masih terkunci rapat sehingga pemilik rumahpun bergegas menuju rumah Hj sutiah di mranggen untuk minta maaf tàpi keduanya sama2 bengong karena kejadian itu... itu sedikit yang saya dengar dari cerita keluarga

qthinksmart mengatakan...

Namanya saja LEGENDA, jangan diartikan sebelah mata saja...

Jimat mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Jimat mengatakan...

Kayak ceritanya sangkuriang aja

Unknown mengatakan...

Lumayan bagus

Unknown mengatakan...

Lumayan bagus

Unknown mengatakan...

Lumayan bagus sangat mnghibr

Unknown mengatakan...

Lumayan bagus sangat mnghibr

0T0 equipment parts ( 0ji ) telp.0811969877 - 081285137899 mengatakan...

ya, ngga paham..terus apa hubungan dengan Mranggen ?

0T0 equipment parts ( 0ji ) telp.0811969877 - 081285137899 mengatakan...

ya, ngga paham..terus apa hubungan dengan Mranggen ?

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

Kang Makin mengatakan...

Ceritanya bagus cm tdk masuk akal.
Kayaknya mas Bangkit Pandawa lebih masuk akal. Coba ceritakan yang runtut mas Bangkit Pandawa..!!

Agus mengatakan...

Iya, sy setuju dengan mas Bangkit Pandawa.... lebih mssuk akal...

Agus mengatakan...

Sy setuju... Yang ini lebih masuk akal...

Agus mengatakan...

Sy setuju... Yang ini lebih masuk akal...

mbah weng mengatakan...

Rayung Kusuma yang dari mranggen apakah ada hubungannya dengan makam Rayung Kusuma, Rayung Sekti, Rayung Ambara yang sekarang masih dan ada di jogja ? kalau cerita trio rayung di jogja sumbernya ada disini http://ziarah-visual.blogspot.co.id/2011/06/trio-rayung-pengamen-pertama-di.html

Unknown mengatakan...

Lha hyooi igh...ngenes men Mranggen anak babi kawin Karo asu ...opo ora Ono sing luwih ngenes meneh ya.....

Unknown mengatakan...

Cerita nya bagus sekali pak, harus perlu di lestarikan meskipun cerita nya hanya sebuah legenda. Mantap

salam dari alumni smandam 2015

Unknown mengatakan...

Hampir mirip sama cerita sangkuriang

Unknown mengatakan...

Cerita mranggen diambil dari kata almaroqi:al ta'rif faedah ma'rifatake (yg dimaksud al:wilayah ato desa), maroqi:panggonan munggah....yg dimaksud almaroqi yaitu:panggonan munggah perang (markas)... Ceritanya masih panjang.. Masa penjajahan dulu... Arp tak tulis kelamaan 🙏🙏🙏🙏

Unknown mengatakan...

Biasane wong njowo ki nek ngarani wong seng nglakoni opo wae, iku akhir katane di tambahi kata "en" misale wong tani dadi olah tetanen, wong olah roso dadi kejawen, wong njogeti jaran eblek dadi sintren, wong wudhu dadi sesucen, begitu juga wong seng nggawe warangka keris iku jenenge "mranggi" kiro2 iso memper dadi mranggen opo ora ya, iki ngono gur otak atik mathuk thok,

Posting Komentar